Mengenal Perangkat Keras (Hardware) pada Komputer

Standard

Dalam mengoperasikan komputer, kadang kita mengeluhkan banyak kekurangan dari komputer atau notebook kita terkait dengan terlalu lamanya sistem loading ataupun kurang responsifnya komputer kita. hal ini  dapat terjadi karena 2 hal..

1. karena sistem operasi yang kita gunakan belum kita update, sinkronisasi dengan program lain yang kita gunakan, kurangnay maintenents pada software yang kita gunakan

2. karena perangkat keras yang kita gunakan tidak atau belum optimal untuk bisa menjalankan berbagai macam pogram dan aplikasi yang kita inginkan..

untuk itu, alangkah lebih senagnya jika kita dapat mengetahui perangkat keras (hardware) pada komputer kita dan tahu bagaimana kita meng upgrade nya……

i. berbagai macam perangkat keras (hardware) yang sering kita jumpai pada komputer dan berbagai fungsi kegunaanya..

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian dari hardware komputer yang berfungsi sebagai inti dari  mengatur  jalannya segala aktivitas, atau untuk memproses data di dalam komputer. Di dalam CPU berisi motherboard, yaitu tempat komponen-komponen seperti vga, ram, processor, bios, dan lain-lain tertempel. Terus ada juga power supply yang berfungsi untuk memasok listrik ke semua komponen-komponen yang ada di dalam CPU.

Processor adalah otak dari komputer. Dengan kata lain, setiap proses dalam komputer melibatkan kerja processor. Seperti penghitungan-penghitungan dan ngejalanin instruksi-instruksi. semakin canggih processor yang digunakan pada komputer anda, maka kecepatan kerja dari komputer anda akan semakin cepat pula. contoh dari proseccor saat ini antara lain yaitu Core i-3, core 1-5, core i-7 dan yang terbaru core i-9.

Motherboard, yaitu tempat komponen-komponen seperti vga, ram, processor, bios, dan lain-lain tertempel. Motherboard ada 3 macam, yaitu full board, half board, quarter half board. masing-masing jenis memiliki fungsi,keunikan, dan tujuan yang berbeda. motherboard juga sering disebut sebagai ibu dari CPU, karena semua komponen ditempatkan didalamnya. motherboard yang ada di pasaran saat ini banyak disuplai dari pabrikan taiwan, china, jepang dan negara asia lainnya

VGA (visual Graphics Adapter) fungsinya buat nampilin gambar ke monitor sekaligus untuk kualitas gambarnya. Makin besar VGA nya, makin bagus pula gambar yang akan dihasilkan. Kemudian ada juga power supply yang berfungsi untuk memasok listrik ke semua komponen-komponen yang ada di dalam CPU. contoh produk VGA yang ada dipasaran saat ini antara lain yaitu ATI-Radeon, Nvidia, dan yang lainnya.

 

RAM (Random Access Memory) yaitu tempat penyimpanan data sementara yang dipasang on board. Makin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat komputer dalam mengoperasikan atau menjalankan instruksi-instruksi. Akan tetapi, jumlah RAM tidak akan bisa sama besar dengan harddisk, karena malah akan membuat komputer menjadi lambat. RAM ada 3 jenis, yaitu DDR1, DDR2 dan DDR3.

 

Harddisk adalah tempat penyimpanan data utama dalam setiap komputer yang bersifat permanen.  Data di dalam harddisk ini bisa ditambah atau dihapus sesuai keinginan kita. Hardisk jika dibongkar dan dilihat, maka di dalamnya terdapat keping cakram drive. ada 2 tipe hardisk, tipe on board dan tipe eksternal. tipe on board berarti hardisk harus dipasang pada motherboard. hardisk eksternal berarti dapat dipasang di luar mother board dan bersifat potabel.

 

Keyboard. Merupakan input device dalam perangkat keras (hardware). Keyboard berfungsi untuk memberikan intruksi kepada processor dengan bilangan dan angka agar aplikasi atau program tertentu dapat dijalankan.

Monitor. monitor merupakan output device dalam perangkat keras ( hardware). Monitor berfungsi untuk menampilkan semua intruksi,aplikasi, program dan semua bentuk perjalanan sistem yang ada di dalam CPU dan memberikan informasi untuk user. jenis monitor ada dua yaitu monitor CRT dan LCD. monitor LCD lebih memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan monitor jenis CRT.

 

CD/DVD ROM. merupakan unit tambahan dari perangkat keras (hardware) yang termasuk kedalam input device. unit ini berfungsi untuk membaca,mentransfer,dan memindahkan dokumen,hal apapun dari CPU maupun dari perangkat penyimpanan lainnya kedalam bentuk CD/DVD R.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s